Kamis, 06 Desember 2018

Air Conditioner Vs Kipas Angin, Mana Yang Akan Anda Pilih?


Bagi Anda yang sering menggunakan alat pendingin ruangan tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata Air Conditioner. Alat ini memang sudah populer di kalangan pengguna pendingin ruangan. Karena kepopulerannya, bahkan banyak yang beranggapan bahwa air conditioner sama dengan kipas angin AC.
Sebagai pengguna pendingin ruangan, tentu Anda bertanya-tanya apa perbedaan dari Air Conditioner dengan kipas angin AC? Lantas manakah yang lebih baik? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu dalam artikel ini akan dijelaskan tentang perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing alat pendingan tersebut.

Perbedaan Air Conditioner Dan Kipas Angin AC

Air conditioner mungkin memang serupa dengan kipas angin AC. Namun, jangan sampai Anda menyamakan kedua alat tersebut. Perbedaan secara mendasar pada keduanya adalah terletak pada cara kerja dan fungsinya.
Air conditioner merupakan suatu alat atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara  dan kelembapan suatu area tertentu. Cara kerja dari mesin ini adakah dengan mesirkulasikan gas refrigerant pada pipa yang ditekan dan dihisap oleh kompresor.

Berbeda dengan air conditioner, kipas angin AC berfungsi untuk menyejukan ruangan. Tidak seperti air conditioner, kipas angin AC hanya mampu menurunkan temperatur udara sebesar 5  Ceclius.
Cara kerja dari kipas angin AC adalah dengan mengambil udara panas melalui bagian belakang. Kemudian udara panas ini bersentuhan dengan air yang berada pada media pendingin kipas sehingga udara panas menyerap partikel-partikel air. Disinilah terjadi proses pendinginan udara melalui penguapan. 

Mana yang lebih baik? Air Conditioner atau Kipas Angin AC ?
Pandangan mana yang lebih baik adalah peralatan yang menurut Anda pas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh sebab itu, penulis memiliki beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan manakah yang terbaik dari kedua alat pendingin tersebut.

1.    Pertimbangan Berdasarkan Fungsi

a.    Manfaat dan Area penggunaan
Manfaat dan area penggunaan menjadi bahan pertimbangan bagi Anda dalam menentukan mana yang lebih baik untuk Anda. Apabila Anda membutuhkan pendingin ruangan untuk area yang luas dengan cepat, maka pilihlah Air Conditioner. Namun, jika Anda hanya memerlukan alat pendingin ruangan pada area terbatas maka kipas angin AC sudah cukup.

Selain cakupan wilayah, keadaan sirkulasi udara juga harus diperhitungkan. Apabila ruangan yang Anda miliki memiliki sirkulasi udara yang baik, maka Anda dapat menggunakan kipas angin AC. Namun apabila ruangan Anda tidak memiliki sirkulasi udara yang baik bahkan merupakan ruangan tertutup dan lembab, sebaiknya Anda memilih air conditioner. Selain tidak terpengaruh pada kelembapan udara, air conditioner dilengkapi penyaring sehingga tidak menghasilkan udara yang kotor atau bahkan mencegah kuman dan bakteri masuk ke dalam ruangan.

b.    Mobilitas penggunaan

Segi ini menjadi bahan pertimbangan karena mempengaruhi tujuan Anda dalam menggunakan alat pendingin. Apabila Anda membutuhkan alat pendingin ruangan yang dapat dipindahkan dengan mudah. Maka kipas angin AC tentu lebih unggul.

Kipas Angin AC memiliki ukuran yang kecil dan pada umumnya memiliki roda. Hal itu membuat kipas angina AC memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Alat ini mudah untuk dipindahkan kemana-mana. Selain itu, desain kipas angin AC yang sangat bervariatif dan minimalis membuat alat ini lebih unggul daripada air conditioner.

2.    Pertimbangan Berdasarkan Harga
Berdasarkan harga, kipas angina AC lebih hemat dibanding air conditioner. Harga kipas angin AC adalah sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 1,5 juta, sedangkan harga air conditioner dimulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta.

3.    Pertimbangan Berdasarkan Perawatan
Berdasarkan perawatannya, kipas angin AC tergolong cukup mudah. Berbeda dengan air conditioner yang membutuhkan tenaga khusus, Anda dapat melakukan perawatan kipas angin AC sendiri.

4.    Pertimbangan Berdasarkan Biaya Penggunaan Listrik
Bagi Anda yang tidak ingin terlalu dibebani oleh biaya listrik, maka memilih kipas angin AC adalah pilihan yang tepat. Jika dibandingkan dengan Air Conditioner, Kipas Agin AC lebih hemat listrik. Hal itu dikarenakan Air Conditioner memerlukan daya listrik hingga 300 watt, sedangkan kipas angin AC hanya membutuhkan 80 hingga 110 watt saja.

Kesimpulannya, air conditioner dan kipas angin AC merupakan dua alat yang berbeda. Hati-hati dalam membeli alat pendingin ruangan, jangan sampai Anda memilih pendingin yang tidak sesuai dengan keadaan dan kondisi kebutuhan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar